Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 4-0 di Piala AFF

Timnas Indonesia Kalahkan Kamboja 4-0 di Piala AFF – Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Kamboja U-16 dengan skor 4-0 pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (6/8) malam.

Baca juga : Harapan Diah Rahayu Terhadap Olahraga Selancar di Indonesia

Indonesia pun memenuhi ambisi untuk menyapu bersih kemenangan dalam pertandingan di fase grup.

Tim Merah Putih yang tampil dengan formasi 4-3-3. Menjalani laga terakhir, pelatih Fakhri Husaini melakukan rotasi pemain. Ahludz Dzikri, Kartika Vedhayanto, Muhammad Reza, Muhammad Salman Alfarid, Muhammad Talaohu mendapat kesempatan tampil sejak menit pertama.

Seperti pada 4 laga sebelumnya, dominasi tuan rumah cukup terasa di laga kali ini. Untuk menghadapi penguasaan bola Timnas Indonesia U-16, anak asuh Lee Tae Hoon memperagakan permainan keras di awal laga.

Menit ke-11 Rendy Juliansyah membuat Indonesia memimpin 1-0 setelah memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Bagus Kahfi yang tak mampu diamankan dengan sempurna oleh kiper Laos Kong Pheaktra.

Memasuki menit ke-21 Rendy Juliansyah berhasil mengirim bola kepada Bagus. Kali ini pencetak gol terbanyak di Timnas Indonesia U-16 itu berhasil melewati penjagaan lawan sebelum mengkonversi peluang dan membuat skor berubah menjadi 2-0.

Selepas keunggulan 2 gol, Bagus dan kawan-kawan mampu mengendalikan tempo permainan dan tetap menghasilkan peluang.

Bola kembali bersarang di gawang Laos pada menit ke-34. Diawali pergerakan individu Hamsa Lestaluhu, bola kemudian dikirim Hamsa lewat umpan tarik. Bagus yang menerima umpan melesakkan gol kedua di laga ini.

Ketika babak pertama baru berjalan dua menit, Timnas Indonesia mendapat penalti karena Pheaktra melanggar Bagus. Tanpa kesalahan Bagus mencetak gol dari titik putih untuk membawa Indonesia memimpin 4-0.

Pada menit ke-46 Kamboja mendapat peluang lewat situasi bola mati, tetapi sundulan Chhim Pichponloeu justru membuat bola tak mengarah ke gawang yang dijaga Risky Sudirman.

Setelah tertinggal empat gol Kamboja mendapat beberapa kesempatan untuk menyerang, tetapi lini belakang Timnas Indonesia masih cukup tangguh untuk membentengi pertahanan dari upaya Kamboja .

Menit ke-59 Sutan Zico gagal mengeksekusi peluang dengan sempurna. Mendapat bola di luar kotak penalti, Zico sempat melakukan sentuhan dan melepaskan tembakan yang masih melebar dari target.

Disaksikan lebih dari 15 ribu penonton di tribune stadion, Timnas Indonesia U-16 terus berupaya mencetak gol tambahan dengan menguasai bola. Namun di sisa laga Indonesia gagal menembus pertahanan Kamboja yang lebih rapat.

Menit ke-72 Yadi Mulyadi mencoba melakukan aksi individu yang berakhir dengan tembakan yang berhasil dihentikan Pheaktra. Sesaat kemudian giliran Kartika Vedhayanto yang gagal memaksimalkan peluang, ketika sundulannya membuat bola melampaui mistar gawang Kamboja.

Di pengujung laga Fajar Fathur Rahman memiliki peluang melalui tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang masih mampu diblok kiper Kamboja.

Skor 4-0 menjadi hasil akhir pertandingan yang semakin memperkokoh posisi Indonesia U-16 di puncak klasemen akhir Grup A Piala AFF U-16 2018 dengan 15 poin.

Pada babak semifinal, Indonesia akan menghadapi runner up Grup B yang diperebutkan Laos dan Malaysia.