Tim Dayung Indonesia Putra raih emas

Tim Dayung Indonesia, nomor LWT Men’s Eight (LM8+) meraih emas Asian Games 2018 di Danau Jakabaring, Palembang, Jumat 24 Agustus 2018. Pasukan yang dimotori M Yakin dan kawan-kawan itu berhasil mencatat waktu 6 menit 8,88 detik. Sedangkan peringkat kedua dimenangkan tim Uzbeskistan dengan catatan waktu 6 menit 12,46 detik dan peringkat tiga, yakn tim Hong Kong dengan catatan waktu 6 menit 14,46 detik.

Atas raihan itu, Ali Buton mengatakan kemenangan ini adalah buah hasil latihan sejak tahun 2015 lalu. Dia juga mengatakan, tim Indonesia hampir saja disusul oleh Uzbekistan menjelang finis.

“Untung dengan semangat tersisa kita tenang dan bisa mengayuh dan berhasil menang,” ujar Ali Buton seusai lomba.

Pada Final A Rowing di Jakabaring, Palembang, tim indonesia juga meraih medali perak. Medali itu diraih Indonesia dari nomor M4X. Mereka mencatatkan waktu 6 menit 20,58 detik, sedangkan sang juara dari India dengan catatan waktu 6 menit 17,13 detik.

Pada waktu bersamaan, Indoneia juga meraih medali perunggu di nomor W4-, pasukan rowing ini dimotori Julianti, Yayah Rokayah, Rahmajani Wa Ode dan Carputty Chelsea mencatat waktu 7 menit 19,02 detik, mereka kalah dari Vietnam yang mencatat waktu 7 menit 14,52 detik.

Sedang peraih emas di nomor w4-, yakni Cina dengan catatan waktu7 menit, 05,50 detik.

“Ini Asian Games terbanyak dalam meraih medali untuk cabang olaraga rowing, kita akan berjuang di pertandingan selanjutnya,” ujarnya.