Terungkap Harga Kursi Stadion Gelora Sriwijaya yang Rusak

Terungkap Harga Kursi Stadion Gelora Sriwijaya yang Rusak – Kursi penonton yang ada di Stadion gelora Sriwijaya dirusak. Padahal harga satu kursi penonton bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Siapa yang akan menggantinya?

Baca juga : Lima Fakta Unik Api Obor Asian Games yang Harus Kamu Tahu

Sebanyak 335 kursi dicopot dari tribune penonton Stadion Gelora Sriwijaya di Jakabiring Sport City (JSC) pada hari Sabtu (21/07/2018) ketika Sriwijaya FC menjamu Arema FC. Sebagian dari kursi itu pecah dan tak bisa dipasang lagi.

Perbaikan Stadion pun sempat menjadi pingpong. Sekretaris JSC, Mirza Zainudin, sempat mengatakan kalau perbaikan akan menjadi tanggung jawab pemerintah pusat (Kementerian Pekerjaan Umuum dan Perumahan Rakyat. Tetapi dalam prosesnya, Direktur jenderal Cipta Karya kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga menyebutkan kalau seluruh perbaikan Stadion Gelora Jakabiring akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Sumatera Selatan.

Dengan kerusakan yang terjadi, Pemda Sumsel paling tidak harus menyiapkan dana senilai USD 40 per kursi atau setara dengan Rp 580 ribu, di kurs Rp. 14.500. Dna jika ditotal, dana yang harus disiapkan mencapai Rp. 194, 3 juta.

harga kuris itu sudah lebih murah jika dibandingkan dnegan penawaran awal. Menurut Wakil Ketua Umum Asosiasi Industri Olefin Aromatik Plastik Indoneisa (INAPLAS), Budi Susanto Sadiman, harga penawaran yang diberikan oleh Jerman untuk 1 kursi awalnya USD 60 atau setara Rp 870 ribu. Tetapi pemerintah Indonesia tak setuju dan Jeman kembali menawarkan dengan harga USD 40.

Sementara itu, harga kursi lokal yang memiliki kualitas hampir sama, nominalnya sekitar Rp 250 ribu. Ia mengatakan pemerintah lebih memlih produk Jerman karena kualitasnya lebih unggul.

“Kalau penyuplai favorit Indonesia biasanya kalau yang lumayan itu Korea, tapi kalau yang paling bagus itu dari Eropa, terutama dari jerman yang terbaik,” ujar Budi.

Selain kursi di tribune utara dan selatan, rumput Stadion Gelora Sriwijaya juga harus diperbaiki. Dan dari perkiraan Kemen PUPR, perbaikan stadion itu butuh waktu 2 pekan.

“Iya, seminggu untuk (memperbaiki) kursinya, dan 2 minggu perbaikan rumputnya,” ujar Menteri PUPR bAsuki Hadimuljono.

Waktu perbaikan memang tak bisa lama – lama karena Stadion Gelora Sriwijaya akan digunakan untuk ajang sepakbola putri Asian Games 2018.