Sebagai Persiapan Asian Games 2018, Hendro Yap Mengikuti Kejuaraan Di China

Sebagai Persiapan Asian Games 2018, Hendro Yap Mengikuti Kejuaraan Di China – Hendro Yap merupakan altet kebanggan Indonesi yang pernah meraih medali emas pada saat SEA Games 2013, 2015, dan 2017 dari nomor jalan cepat. Menjelang Asian Games 2018, Hendro Yap terus berlatih demi memantapkan mentalnya pada saat pertandingan berlangsung. Pada hari Rabu taggal 2 Mei 2018 (2/5/2018) kemarin, Hendro Yap berangkat menuju Taiciang, China untuk mengikuti IAAF World Race Walking Team Champions, yang akan segera di gelar pada hari Sabtu 5 Mei 2018 (5/5/2018).

Baca juga: Daftar Atlet Terbaik Indonesia Tahun 201

Kejuaraan jalan cepat yang di adakan di Taiciang itu merupakan kualifikasi Kejuaraan Dunia Jalan Cepat yang akan di gelar di Rusia pada tahun 2019. Atlet jalan cepat Indonesia ini, Hendro Yap, ia selalu mendapatkan medali dalam, sebanyak empat kali keikutsertaannya di SEA Games sejak 2011. Pertandingan yang di gelar di Taiciang itu akan di tempuh dengan jarak 50 kilometer.

Hendro mengaku sudah cukup lama mempersiapkan diri untuk event ini, setelah merasa kurang memuaskan di IAAF Race Walking Challange yang digelar di Nomi, Jepang, Maret lalu.

Saat itu, Hendro yang tampil di nomor 20 kilometer, nomor yang sama seperti ketika meraih medali emas SEA Games 2013, 2015, dan 2017, tidak terlalu puas dengan hasil yang diraih. Ia ingin meraih hasil yang lebih baik di kejuaraan kali ini.

“Kemarin hasil di Jepang untuk 20 kilometer, bagi saya tidak memuaskan, meski target dari pelatih bisa saya raih. Namun, target saya di sana adalah memecahkan rekor dan itu gagal. Satu penyebabnya karena saya mempersiapkan diri untuk 50 kilometer,” ujar Hendro Yap.

Alasan atlet jebolan PPLP Jawa Barat ini memang benar. Asian Games 2018 akan mempertandingkan jalan cepat di nomor 50 kilometer, hal itu yang membuat Hendro lebih tekun mempersiapkan diri untuk menjalani kejuaraan di Taicang.

“Jadi, saya memang saat itu tengah melakukan persiapan umum untuk 50 kilometer, saya tidak berlatih interval, tidak melatih kecepatan. Saya fokus untuk kejuaraan yang ini. Target saya di sini jelas sesuai waktu yang dibutuhkan untuk lolos ke kejuaraan dunia. Target saya 4 jam 05 menit, walau pelatih memberikan target 4 jam 20 menit,” ujar atlet jalan cepat yang sebenarnya membutuhkan waktu 4 jam 06 menit untuk lolos ke kejuaraan dunia di Rusia itu.