Profil Dan Prestasi Chris John

Profil Dan Prestasi Chris John – Pria kelahiran Banjarnegara 14 September 1979 yamg memiliki nama lengkap Yohannes Christian John atau yang lebih sering kita ingat Chris John merupakan salah satu atlit tinju berbakat yang dimiliki Indonesia. Terlahir dari seorang petinju, Chris Jhon mengikuti jejak ayahnya yang dulunya seorang petinju profesional yaitu Johan Tjahjadi.

Bakat Chris John tercium oleh Sutan Rambing yang juga merupakan pelatih tinju ternama pada saat itu. Bersama Sutan Rambing, Chris Jhon memulai karir tinju profesionalnya ditahun 1998 dimana Firman Kanda menjadi debut perdananya di tingkat profesional. Dilaga debutnya, Chris John berhasil meraih kemenangan setelah menyudahi perlawanan lawannya di ronde ke 6.

Nama Chris John semakin melejit usai mengalahkan petinju ternama saat itu, Muhammad Alfaridzi dalam drama 12 ronde pertandingan yang berjalan menegangkan dan sukses meraih gelar juara nasional kelas bulu. Muhammad Alfaridzi sendiri bukan lawan yang mudah bagi Chris John, tercatat pria Banjarnegara itu sempat mengalami knockdown dua kali di ronde pertama.

Ditahun 2001, Chris John kembali menunjukkan taringnya dengan berhasil mengalahkan Soleh Sundava untuk memperebutkan gelar PABA kelas bulu. Dilevel internasional sendiri Chris John mendapatkan kesempatan untuk berhadapan dengan petinju asal Kolombia yaitu Oscar Leon pada September 2003. Dan Crish John juga berhasil meraih gelar juara dunia WBA usai menang angka atas petinju asal Kolombia itu.

Pada tahun 2005 Pria kelahiran 14 September 1979 itu akhirnya resmi melepas masa lajangnya yaitu dengan menikahi Anna Maria Megawati yang juga merupakan seorang mantan atlet wushu. Kini Chris John sudah dikaruniai dua anak perempuan. Ada hal yang  menarik dari Pria Banjarnegara ini dimana selain petinju, Chris John juga merupakan atlet wushu. Kesuksesannya didunia tinju juga turut membawa Chrish John membintangi beberapa iklan di televisi dan juga sebagai komentator diacara tinju.

Berikut Daftar Prestasi Chris John pada masa keemasanannya :
Menang saat menghadapi Osamu Sato di Jepang
Seri saat menghadapi Jose Cheo Rojas (Pertemuan Pertama)
Menang saat berhadapan dengan Derrick Gainer
Menang kala bersua dengan Tommy Browne di Australia
Menang saat berhadapan dengan Juan Manuel Marquez
Menang saat berhadapan dengan Renan Acosta
Menang saat bersua dengan Jose Cheo Rojas (Pertemuan Kedua)
Menang saat berhadapan dengan Zaiki Takemoto di Jepang
Menang saat berhadapan dengan Roinet Caballero di Indonesia
Menang saat berhadapan dengan Hiroyuki Enoki
Seri saat berhadapan dengan Ricardo Rocky Juarez
Menang saat berhadapan dengan Ricardo Rocky Juarez
Menang saat berhadapan dengan Fernando David Saucedo
Menang saat berhadapan dengan Daud Cino Yordan