Persiapan Tour de Indonesia 2018

Persiapan Tour de Indonesia 2018
Ajang balap sepeda yang akan diselenggarakan pada 25-28 Januari 2018 bertajuk Tour de Indonesia 2018 dengan format empat etape.

Etape pertama akan dimulai dari Candi Borobudur, melewati Solo, Sarangan, lalu finish di Ngawi. Etape kedua, Madium menjadi kota pertama yang akan disinggahi lalu finish di Mojokerto. Lalu etape ketiga, Probolinggo menuju Jember lalu finish di Banyuwangi.  Adapun etape terakhir , para pembalap akan menyeberang ke Gilimanuk dan akan melewati  Singaraja, Bedegul dan finish di Denpasar.

Ketua Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI), Raja Sapta Oktohari, di kawasan Sudirman, Jakarta, Rabu (1/11/2017). Okto mengatakan, persiapan menuju Tour  de Indonesia masih sesuai jadwal yang didaftarkan ke Federasi Balap Sepeda Internasional (UCI).

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Komite Perlombaan PB ISSI, Parama Nugroho. Dia menyebut tahun ini jarak yang ditempuh kurang dari 1.000 km. Dari empat etape yang  digelar total jaraknya hanya sekitar 700 km. Perihal kesiapan Parama masih berkoordinasi dengan penanggung jawab rute di daerah-daerah yang akan dilewati.

Selain itu, Parama mengaku masih membutuhkan lima tim lagi untuk melengkapi kuota yang diinginkan panitia. Hingga kini, sebanyak 15 tim yang setengahnya merupakan tim pro kontinental telah bergabung untuk mengikuti tour.

“Rencana balapan akan diikuti 20 tim, setengahnya merupakan tim pro kontinental. Untuk sisanya ada tim pro tour serta tim kontinental Indonesia maupun undangan lainnya,” ujar Parama.