PBSI Pulangkan Beberapa Atlet Utama ke Klub

PBSI Pulangkan Beberapa Atlet Utama ke Klub
Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengumumkan nama-nama atlet yang akan mengisi Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Cipayung pada 2018 mendatang. Lewat Surat Keputusan (SK) nomor : SKEP/070/0.3/XII/2017 tentang Promosi Atlet Bulu Tangkis untuk masuk Pelatnas PBSI tahun 2018, PBSI mengumumkan nama 104 atlet tingkat utama dan pratama.

Daftar pemain kelas utama tidak banyak mengalami perubahan dan masih diisi pemain ternama, seperti Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir, Kevin Sanjaya Sukamulyo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polli dan Jonatan Christie.

Namun ada beberapa pemain utama yang di pulangkan ke klub masing-masing. Mereka adalah Muhammad Bayu Pangisthu (Djarum Kudus, tunggal putra), Krishna Adi Nugraha (Jaya Raya Jakarta, tunggal putra), Tiara Rosalia Nuraidah (Mutiara Cardinal Bandung, ganda putri), Nisak Puji Lestari (Mutiara Cardinal Bandung, ganda putri), dan Shela Devi Aulia (Jaya Raya Jakarta, ganda campuran).

Selain itu, ada ketentuan baru yang dibuat PBSI dalam sistem pembinaan atlet penghuni pelatnas 2018 nantinya. Yang pertama, atlet-atlet yang tertera dalam SK, sebagai atlet pelatnas seluruh pembiayaan latihan dan pertandingan selama setahun akan dibiayai PBSI.

“Tahun depan memang akan ada perubahan. Dari segi kuota, tidak akan jauh berbeda, tapi status yang akan berbeda, Kalau yang ragu-ragu, sayang tidak akan masukkan ke dalam SK tetap. Magang kan bisa beberapa bulan. Penilaiannya bukan cuma potensi, tetapi juga attitude, kemauan dan proses kalau di pelatnas seperti apa,” ujar Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti dalam keterangan resmi PBSI, Rabu, 27 Desember 2017.

Sedangkan yang kedua, atlet dengan SK Pemantauan, pembiayaan pelatihan dan pertandingan selama enam bulan akan dibiayai oleh PBSI. tetapi, prestasinya akan tetap dipantau dan dievaluasi.

Jika tidak memenuhi target, maka statusnya akan berubah menjadi pemain magang. Bukan tidak mungkin, atlet yang masuk kategori ini akan didegradasi atau dipulangkan ke klub masing-masing.

Mengenai aturan yang ketiga, untuk pemain magang, seluruh pembiayaan latihan dan pertandingan dibiayai oleh klub masing-masing. Tetapi, penampilan pemain magang tetap akan dievaluasi selama enam bukan. Kecuali jika terjadi indispliner, sewaktu-waktu dapat dipulangkan ke klub. Sedangkan jika berprestasi, akan naik menjdi pemain dengan SK Pemantauan.

“Kalau sudah di daftar SK tetap, merasa di zona nyaman paling tidak setahun, ini yang saya tidak mau. Jadi mungkin di sini akan ada perbaikan, bukan mau seenaknya, tetapi saya mau yng jadi penghuni pelatnas itu adalah yang terbaik, sesuai dengan kriteria yang kami butuhkan,” Susi Susanti menegaskan.

Berikut ini daftar nama atlet bulu tangkis yang keluar dari pelatnas Cipayung

Tunggal putra:
Muhammad Bayu Pangisthu (Djarum Kudus), Enzi Shafira (Mutiara Cardinal Bandung), Krishna Adi Nugraha (Jaya Raya Jakarta), Vega Vio Nirwanda (Mutiara Cardinal Bandung), dan Ramadhani Muhammad Zulkifli (Djarum Kudus)

Tunggal putri:
Isra Faradila (Exist Jakarta), Ghaida Nurul Ghaniyu (Djarum Kudus), Eprilia Mega Ayu Swastika (Exist Jakarta), Savira Sandradewi (Djarum Kudus), dan Gabriela Meilani Moningka (Jaya Raya Jakarta)

Ganda putra:
Adi Haryanto (Djarum Kudus)

Ganda putri:
Tiara Rosalia Nuraidah (Mutiara Cardinal Bandung), Nisak Puji Lestari (Mutiara Cardinal Bandung), dan Ramadhani Hastiyanti Putri (Djarum Kudus)

Ganda campuran:
Shela Devi Aulia (Jaya Raya Jakarta)