Paralayang menambah Koleksi Emas Indonesia di Asian Games 2018

Indonesia berhasil menambah perolehan emas setelah pada cabor Paralayang dalam ketepatan mendarat putra berhasil menyabet emas.

Medali emas itu dipersembahkan oleh atlet paralayang Merah Putih, Jafro Megawanto. Jafro Megawanto berhasil keluar sebagai yang terbaik dengan mengalahkan 32 peserta lainnya yang mengikuti nomor tersebut. Cabang olahraga paragliding (paralayang) mempersembahkan medali emasnya yang kedua bagi kontingen Indonesia, setelah Jafro Megawanto memimpin dalam nomor ketepatan mendarat putra, dalam lomba yang digelar di Gunung Mas, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (23/8) pagi.

Padahal, paralayang merupakan cabor yang baru pertama kali diperlombakan pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Namun cabang olah raga ini langsung bisa memberikan hasil terbaik dari atlit-atlit paralayang Indonesia. Sehari sebelumnya, Jafro Megawanto juga turut berandil besar membawa Indonesia meraih emas di nomor akurasi beregu putra, bersama Hening Paradigma, Joni Efendi, Roni Pratama, dan Aris Apriansyah.

Jafro kini sukses meraih emas lagi di nomor perorangan setelah berada di posisi teratas selepas 10 round. Hasil itu turut membuat paralayang sudah mempersembahkan dua medali emas dan satu perak di Asian Games 2018. Jafro Megawanto mencatat nilai terbaik dari 33 atlet. Selain dia, wakil Indonesia lainnya pada nomor ini adalah Joni Effendi.

Secara umum, kontingen paralayang Indonesia hingga saat ini telah menyumbang dua emas dan satu perak di Asian Games 2018.

Perak dari cabang paralayang Asian Games 2018 didapat dari nomor akurasi beregu putri melalui trio Rika Wijayanti, Lis Andriana, dan Ike Ayu Wulandari.

Bersamaan dengan hasil gemilang Jafro yang mempersembahkan meraih medali emas, pasangan Julianti dan Yayah Rokayah mendapatkan medali perunggu dari cabang rowing. Sementara itu, perak didapat tim putra yang tampil pada nomor Lightweight Men’s Four (LM4-).

Dengan demikian, jumlah total medali yang sudah diraih kontingen Indonesia dalam Asian XVIII tahun 2018 hingga siang ini adalah 7 emas, 5 perak, dan 8 perunggu.