Lima Fakta Unik Api Obor Asian Games yang Harus Kamu Tahu

Lima Fakta Unik Api Obor Asian Games yang Harus Kamu Tahu – Api obor ajang Asian Games 2018 telah tiba di tanah air. kota Yogyakarta yang menjadi persinggahan pertamanya hari selasa 17/07/2018. Nantinya adal 53 kota/ kabupaten dari 18 provinsi yang akan di datangi oleh Obor Asian Games 2018. Sejumlah destinasi wisata di Indonesia juga akan disinggahi.

Baca juga : Empat Olahraga yang Paling Favorit di Indonesia

Nah berikut ini ada 5 fakta unik yang terkait Obor Asian Games 2018.

1. Diterbangkan dari New Delhi, India ke Yogyakarta

Api Obor Asian Games 2018 diterbangkan langsung dari New Delhi, India, dengan menggunkan pesawat Boeing 737 milik TNI Udara. Perjalanan memakan waktu selam 11 jam dan mendapat pengawalan dari pesawat tempur T50i. Rombonga pembawa api Asian Games mendarat di Bandara Adi Sutjipto, Yogyakarta, Selasa Pagi , sekitar pukul 08.00 WIB

2. Disambut Dengan Meriah oleh Masyarakat Yogyakarta

Kedatangan obor Asian Games mendapat sambutan yang meriah. Ada sajian tari tradisional sampai aksi pasukan Keraton Yogyakarta. Ada juga pertunjukkan barongsai dari TNI Angkatan Udara. Adrenalin pun semakin naik dengan aksi paramotor dari Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI).

Setelah serah terima, api obor Asian Games 2018 dibawa menuju ke Museum Dirgantara Yogyakarta. Iring – iringan ini pun disambut meriah oleh masyarakat. Mereka membaur bersama dengan siswa – siswi Sekolah Akademi Militer TNI Angkatan Udara.

3. Digabungkan dengan api abadi dari Indonesia

Usai diinapkan semalam, api Asian Games dari India ini akan dipadukan dengan api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, jawa Tengah. Dengan penggabungan api dari India dan api abadi tentunya akan menarik karena akan semakin menegaskan harmonisasi Indonesia dan India.

4. Api Asian Games akan melewati kota – kota di Indonesia

Setelah dari Yogyakarta, api obor Asian Games akan melewati daerah – daerah lain di Indonesia. Seperti Bali, Bukit Tinggi (Sumbar), danau Toba (Sumut), Banyuwangi (Jatim), Solo , Bandung, Palembang, Mataram, bahkan sampai Raja Ampat (Papua Barat)

5. Api Obor Asian Games memeriahkan Asian Games dan destinasi wisata di Indonesia

Apresiasi juga diberikan menteri pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menteri Pariwisata menjelaskan kalau kedatangan appi obor Asian Games akan menaikkan branding dari destinasi yang dikunjungi.