Lima Atlet Olahraga Wanita Indonesia dan Segudang Prestasinya

Lima Atlet Olahraga Wanita Indonesia dan Segudang Prestasinya – Dunia olahraga selalu saja diidentikan dengan kaum adam. Tetapi pada kenyataanya, banyak juga sosok wanita yang berprestasi di bidang ini,

Baca juga : Lima Cabang Olahraga yang Menjadi Andalan Indonesia di Asian Games 2018

Tidak mau kalah dengan macanegara, Indonesia juga memiliki sejumlah atlet wanita yang prestasinya layak untuk diperhitungkan di sejumlah cabang olahraga. Siapa sajakah mereka? berikut ini kami akan ulas satu per satu.

1. Susi Susanti dari Cabang Bulu Tangkis

Lucia Francisca Susi Susanti atau yang lebih akrab dipanggil Susi Susanti merupakan pebulutangkis tunggal putri Indonesia yang pernah mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Barcelona 1992.

Tidak hanya di Olimpiade, Susi juga pernah menjadi juara All England sampai juara dunia bulu tangkis. Karena prestasinya itu, wanita yang lahir di Tasikmalaya ini diberi penghargaan Hall of Fame dari international Badminton Federation (sekarang Badminton World Federation).

2. Lilyana Natsir dari Cabang Bulu Tangkis

Jika tunggal putri ada Susi Susanti, di ganda putri dan campuran ada sosok Lilyana Natsir atau akrab yang dipanggil Butet. Pebulu tangkis yang lahir di Manado ini sudah memiliki banyak prestasi dengan pasangan yang berbeda.

Mulai dari bersama dengan Vita Marissa di nomor ganda putri sampai bersama Nova Widianto di ganda campuran. Tapi yang paling baru adalah ia berhail membawa pulang emas Olimpiade Rio de Janeiro bersama dengan Tontowi Ahmad di tahun 2016 yang lalu.

3. Lindswell Kwok dari Cabang Wushu

Di cabang olahraga wushu, nama Lindswell Kwok muncul sebagai salah satu atlet muda yang memiliki segudang prestasi. Wanita yang lahir di Medan pada tanggal 24 September 1991 ini sudah beberapa kali menjadi juara dunia Wushu seperti di tahun 2009, 2013, 2015, dan 2017 di Kaza, Rusia.

4. Maria Natalia Londa dari Cabang Atletik

Nama pembawa bendera Indonesia di Olimpiade Rio de Janeiro ini memang tidak asing lagi di dunia atletik, khususnya cabang olahraga lompat jangkit dan lompat jauh. ia juga telah mencatatkan segudang prestasi di level Sea Games dan di level Asian Games Incheon 2014.

5. Sri Wahyuni Agustiani dari cabang Angkat Besi

Atlet wanita yang berhasil emmebawa medali dari Olimpiade Rio de Janiero adalah lifter Sri Wahyuni Agustiani. Lifter yang lahir di Bandung, 13 Agustus 1994 ini sukses memberikan medali pertama untuk kotingen Indonesia dengan meraih medali perak kategori 48 kg.

Prestasi yang ditorehkan oleh para atlet wanita Indoneisa ini memang luar biasa. terbukti kalau wanita juga bisa berprestasi di pentas olahraga internasional. Olahraga itu tiak hanya untuk para lelaki, wanita juga bisa ambil bagian dalam olahraga.