Kurnia Meiga Kiper Timnas Indonesia

Kurnia Meiga Kiper Timnas Indonesia – Penjaga gawang berbakat kelahiran Jakarta, 7 Mei 1990 sukses menyihir sepakbola Indonesia berkat ketangguhannya menjaga gawangnya. Diusianya yang muda, kiper yang memiliki nama lengkap Kunia Mega Hermansyah ini mampu menjadi yang terbaik Indonesia diantara pemain yang lebih senior darinya. Bukan hanya itu, dengan kemampuannya yang tangguh menjaga gawangnya dari kebobolan, pria 28 tahun itu juga kerap menjadi pilihan utama untuk mengawal gawang Timnas Indonesia.

Memiliki tinggi badan yang mumpuni, Kurnia Meiga juga kerap melakukan penyelamatan krusial baik untuk timnya Arema maupun Timnas Indonesia. Meiga yang yang merupakan salah satu jebolan sekolah sepakbola di Indonesia.

Kemampuan Kurnia Mega semakin meningkat sejak pria asal Jakarta ini bergabung dengan Persijap Jepara U-18 dan U-23 sebagai seorang penjaga gawang. Bakat luar biasa Meiga tercium oleh Arema yang sekaligus menjadi klub pertamanya di level profesional. Bersama Arema, Kurnia Meiga juga bergabung satu tim dengan kakaknya, Achmad Kurniawan lebih dulu bergabung dan juga memiliki posisi yang sama yaitu sebagai kiper.

Penampilan menawan Kurnia Meiga juga membuat dirinya lebih dipercaya sebagai pilihan utama untuk menjaga gawang Arema. Hingga di tahun 2007, Kurnia Meiga terpilih sebagai satu penjaga gawang yang tergabung dalam Timnas Indonesia U-19. Bukan hanya itu, Kurnia Meiga juga kerap menjadi langganan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-21 dan U-23 dibawah komando Rahmad Darmawan.

Pengalaman serta handal dalam membaca arah bola membuat Kurnia Meiga mampu menggantikan posisi Markus Horison yang lebih memilih gabung Persib Bandung ditahun 2009. Bukan hanya dilevel klub saja Kurnia Meiga mampu menggusur Markus Horison sebagai kiper utama tetapi di pos penjaga gawang di Timnas Indonesia senior.

Di Liga Super Indonesia musim kompetisi 2009/2010, karir Kurnia Meiga semakin melejit dimana namanya terpilih sebagai pemain terbaik sekaligus berhasil menyingkirkan nama beken seperti Christian Gonzales yang juga merupakan top score pada saat itu. Dimusim berikutnya, Pria asal Jakarta itu juga sukses mengantarkan Arema menduduki peringkat runner up di kalsemen akhir Liga Super Indonesia musim kompetisi 2010/2011.

Ditahun 2016, Kurnia Meiga mendapat kesempatan emas untuk meningkatkan kemampuannya, Kiper berusia 28 tahun itu menjalani trial bersama raksasa J League, Gamba Osaka. Di kejuaraan Piala AFF 2016, Kurnia Mega kembali dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia sebagai kiper utama dibawah arahan Alfreid Riedl.

Berikut ini adalah perjalanan karir dari Kurnia Meiga Hermansyah :
PS Urakan, Jakarta Timur
Sekolah Diklat Ragunan, Jakarta
Persijap Jepara U-18 tahun 2006
Persijap Jepara U-23 tahun 2007
Timnas Indonesia U-19 tahun 2007
Timnas Indonesia U-21 tahun 2008
Timnas Indonesia U-23 tahun 2009
Timnas Senior, 2010 hingga sekarang
Arema Indonesia tahun 2008 – 2012
Arema Cronus tahun 2012 hingga sekarang

Berikut ini adalah penghargaan yang diraih Kurnia Meiga Hermansyah :
Prestasi di level Klub
Juara 1 Liga Super Indonesia 2009/2010
Juara 1 Inter Island Cup 2014
Runner Up Liga Super Indonesia 2012/2013
Prestasi Personal
Pemain Terbaik Liga Super Indonesia 2009/2010