Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Bola basket adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer, terutama untuk negara dibagian Amerika dan Eropa. Pada tahun 2023 Indonesia, Jepang dan Filipina terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan Piala Dunia Bola Basket. Hal ini akan menjadi sejarah besar buat Indonesia dan dunia, karena ini pertama kalinya kejuaraan bergengsi tersebut diselenggarakan di tiga negara
sekaligus.

Kombinasi Indonesia, Jepang dan Filipina mengalahkan pesaing mereka, yakni Argentina dan Uruguay yang juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama. Kendati demikian, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) lebih memilih trio tiga negara yang berasal dari Asia tersebut dengan berbagai pertimbangan.

Salah satu yang menjadi pertimbangan FIBA adalah tingginya antusiasme yang ditunjukkan Indonesia, Jepang dan Filipina dalam upaya melakukan yang terbaik demi bisa terpilih menjadi tuan rumah.

Selain itu, banyaknya popolasi di tiga negara tersebut, yang didominasi oleh anak-anak muda, juga menjadi pertimbangan FIBA guna lebih mempopulerkan lagi olahraga bola basket.

Adapun kejuaraan tersebut nantinya bakal diselenggarakan di lima tempat yang ada di tiga kota, Lokasi-lokasi tersebut dipilih berdasarkan pada pertimbangan yang berada dekat dengan akomodari, media,medis dan layanan penting lainnya. Di Indonesia, kota yang dipilih adalah Jakarta, sementara di Jepang adalah kota Okinawa dan di Filipina adalah Manila.

“Kami telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah, dan Indonesia bersama Jepang dan Filipina merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara kejuaraan basket tertinggi di dunia ini,” ucap sekjen FIBA, Patrick Baumann, Minggu (10/12/2017).

Lebih lanjut, Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara, Erick Thohir, mengungkapkan rasa gembiranya atas terpilihnya Indonesia sebagai salah satu dari tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023.

Menurutnya, ini merupakan bentuk kepercayaan dunia terhadap Indonesia dan mengharapkan agar Indonesia mampu menjawab kepercayaan itu dengan baik.

“Ini bukan hanya sejarah baru bagi Indonesia, namun juga bentuk kepercayaan dunia Internasional terhadap Indonesia, dan kita harus menjawab kepercayaan ini dnegan menjadi tuan rumah yang baik. Ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah, yang ingin lebih sering menggelar kejuaraan Internasional,” ujar Erick.

“Keberhasilan ini juga membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga yang lebih tinggi dan bergengsi lainnya, seperti Olimpiade maupun Piala Dunia Sepakbola dimasa mendatang,” lanjutnya.