Indonesia Akan Pecahkan Rekor Dunia Saat Sambut Asian Games 2018

Asian Games – Kali ini Indonesia terpilih sebagai tuan rumah dalam pertandingan berbagai cabang olahraga yang di ikuti oleh beberapa negara yang ada di Asia, atau sering di sebut dengan Asian Games. Namun uniknya pada Asian Games 2018 yang berlangsung di Indonesia ini, sang tuan rumah telah merancanakan sebuah kegiatan yang akan menjadi rekor Dunia, yaitu adalam rekor dunia Guinness senam poco-poco.

Baca juga: Harapan Maria Natalia Di Asian Games 2018

Yang akan menjadi rekor dari senam poco-poco tersebut adalah dengan jumlah peserta yang mengikuti senam mencapai 65.000 orang. Senam poco-poco itu akan di tampilkan pada tanggal 5 Agustus yang berguna sebagai penyambutan Asian Games 2018. Rencananya pembuatan rekor dunia ini akan mencapai 17 kilometer panjangnya karna sangkin banyaknya peserta yang ikut.

Titik akan di lakukannya senam ini akan di mulai dari depan Istana Negara menuju Kawasan Gelora Bung Karno, hingga hampir sepanjang jalan Sudirman.

“Ini adalah permintaan dan inisiasi dari Ibu Negara Iriana Jokowi (menggelar rekor dunia senam poco-poco). FOKBI (Feserasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) ditunjuk untuk melaksanakan ini,” ujar penggagas senam poco-poco di Indonesia Lily Karmel.

“Saat launching pertama Pak Menteri mencanangkan dilaksanakan 5 Agustus, sebagai pra-opening Asian Games. Supaya dunia tahu kita mempunyai acara spektakuler yang terkait dengan olahraga, yaitu Senam Poco-poco Nusantara untuk dunia,” sambungnya.

Persiapan mencetak rekor ini pun tak main-main. Pihaknya telah melatih 3.000 instruktur untuk memimpin 65.000 peserta yang dibagi ke dalam 1.300 kelompok (satu kelompok 50 peserta Yang dipimpin satu instruktur).

“Kriteria penilaian sangat detail sehingga kami harus fokus dan mengikuti kriteria peraturan Guinness World Record. Kriterianya salah satunya jumlah dan kualitas pesertanya. Kegagalan hanya boleh 10 persen. Lebih dari 10 persen dianggap gagal membuat rekor dunia Guinness. Ini adalah pemecahan rekor pertama kategori massal di Indonesia untuk rekor dunia Guinness,” tutup perempuan yang juga menjabat anggota Badan Standarisasi dan Akreditasi Keolahragaan Kemenpora.

Dalam proses untuk memecahkan rekor Dunia senaman poco-poco saat penyambutan Asian Game 2018 ini. Melibatkan berbagai kalangan, dari pelajar SMA sebanyak 27.000 peserta, guru olahraga sebanyak 3.000 peserta, 1.500 mahasiswa, 10.000 TNI, 5.000 Polri. Bukan hanya itu saja, untuk mencipatakan rekor Dunia ini juga melibatkan Pihak Kementerian dan Lembaga, organisasi olahraga, sanggar senam, bahkan sampai ke tingkat Kecamatan dan RT/RW.