Emilia Nova Fokus Pada Kecepatan Kaki, Menjelang Asian Games

Emilia Nova Fokus Pada Kecepatan Kaki, Menjelang Asian Games – Emilia Nova merupakan atlet pelari gawang yang berasal dari Indonesia yang baru saja kembali dari Amerika untuk mengikuti training camp dan try out. Emilia Nova mendapatkan kesempatan melakukan latihan langsung bersama maestro sapta lomba Harry Marra di Amerika Serikat.

Baca juga: 
Persija Ditahan Imbang Klub Asal Vietnam Di Piala AFC 2018

Emilia Nova bersama dengan 11 atlet lainnya juga mengikuti pertandingan salah satunya perlombaan 2018 Rafer Johnson/jackie Joyner kersee Invitation, di UCLA Drake Stadium. Dalam pertandingan tersebut, Emil berhasil mencatatkan waktu selama 13,65 detik pada nomor lari gawang 100 meter.

Catatan waktu yang di raihnya tidak lebih baik dari catatan waktunya pada saat SEA GAMES 2017 di Malaysia dengan catatan waktu 13,58 detik. Namun sebelum Emilia kembali ke tanah air, Emilia kembali mengetes larinya, ia berhasil mencatatkan waktu selama 13,3 detik.

Bagi Emil torehan itu membuat dirinya semakin percaya diri, apalagi sebelumnya dia sempat dibekap cedera paha depan, yang akhirnya membuat teknik larinya tidak berkembang maksimal.

“Pulang dari sana (Amerika Serikat) saya jadi lebih terbuka terutama dari teknik gawangnya. Biasanya di atas gawang agak sedikit melayang, sekarang harus turun cepat. Selain itu, kaki yang biasanya lurus ketika melompat dianjurkan agar tekuk sedikit agar kecepatan kaki bisa lebih cepat. Dan memang terbukti benar setelah di sini,” kata Emil saat ditemui seusai latihan, Jumat (18/5/2018).

“Secara catatan waktunya lebih bagus meski belum maksimal karena tujuan programnya di Asian Games, jadi di bulan-bulan ini belum (masuk peak-nya,” tambahnya.

Gadis kelahiran 20 Agustus 1995 ini juga merasakan perubahan dari segi mental yang diyakini jauh lebih meningkat dari sebelumnya.

“Pengaruh banget karena sebelumnya setelah PON 2016 sampai SEA Games saya tak ada uji coba. Makanya tidak bisa evaluasi dan bingung yang diperbaiki apa. Tapi dengan kemarin dari Amerika Serikat, lalu ada lomba juga jadi semakin tahu,” tuturnya.

Untuk saat ini Emil fokus untuk menambah kecepatan kaki. Sebab, untuk nomor lari gawang tidak hanya teknik saja yang diperlukan tetapi kecepatannya juga.

Saat ini, Emil mengungkapkan, kecepatan lari antargawangnya masih belum stabil. Terkadang 1,0 detik, di gawang lainnya 1,1 detik. Emil percaya diri bisa memperbaikinya. “Harus optimistis karena insya Allah target saya di Asian Games pecah rekor dulu,” harapnya.