BMX Sumbang Medali Perak dan Perunggu

Indonesia berhasil menambah perolehan medali perak dan perunggu Asian Games 2018 dari nomor balap sepeda BMX, yang digelar di BMX International Race, Pulomas, Jakarta Timur, Sabtu, 25 Agustus 2018. Medali perak diraih oleh pembalap putra I Gusti Bagus Saputra, sedang perunggu didapat pembalap putri Wiji Lestari.

Dalam perlombaan final hari ini, Bagus berhasil menjadi yang tercepat kedua di bawah pembalap asal Jepang Yoshitaku Nagasako. Bagus mencatatkan waktu 34, 314 detik. Ia hanya terpaut 0,645 detik dari Nagasako. Sementara perunggu didapat oleh Daniel Patrick Caluag dari Filipina.

Pembalap Indonesia lain Toni Syarifudin finis di posisi lima. Mencatatkan waktu 36,761 detik.

Sementara itu Wiji Lestari berhasil menyabet perunggu dari nomor putri yang lebih dulu dipertandingkan. Pembalap berusia 18 tahun itu sebenarnya sempat memimpin balapan saat dua pembalap terdepan Yan Lu dari Cina dan Sae Hatakeyama dari Jepang.

Namun menjelang akhir balapan, Wiji disalip oleh dua pembalap yakni Yaru Zhang dari Cina dan Chutikan Kitwanitsathian dari Thailand. Wiji harus puas finis di posisi empat dengan catatan waktu 40,788 detik atau terpaut 1,145 detik dari Zhang yang meraih medali emas.

Pembalap Indonesia putri Indonesia lain Cupi Nopianti harus puas duduk di peringkat enam dengan catatan waktu 44,083.
Tambahan medali balap sepeda BMX dari Bagus dan Wiji ini membuat Indonesia mengoleksi 9 emas, 11 perak, dan 16 perunggu. Indonesia berada di urutan kelima di bawah Cina, Jepang, Korea Selatan, dan Iran.