Biodata Rony Gunawan

Profil Rony Gunawan

Rony Gunawan adalah seorang pemain basket putra nasional Indonesia yang bermain di IBL. Pria yang akrab disapa Aconk ini mengawali karier basketnya di Samarinda. Rony mengaku bahwa pertama kali main basket adalah ketika dia SMA. Saat itu ia diajak main di pertandingan antar kelas (class meeting) oleh temannya.

Anak kedua dari empat bersaudara ini kemudian bergabung dengan klub lokal Abadi Samarinda. Dari sana Rony terpilih bermain untuk Popda Samarinda. Dari Popda itu Rony mendapat jalur beasiswa untuk berkuliah di Surabaya. Setelah itu Rony pun bergabung bersama tim Cahaya Lestari Surabaya. Selama setahun ia bermain di kelas junior, lalu langsung bergabung dengan tim senior.

Pemain basket bernomor punggung 32 ini memulai karier di Kobatama (kini NBL) mulai tahun 1999. Rony berhasil mengantarkan CLS masuk ke jajaran “Big Four” Kobatama. Lalu pada 2004, seseorang dari klub Satria Muda Britama menawarinya untuk berpindah, namun Rony baru bisa memutuskan untuk bergabung bersama mereka dua tahun kemudian. Di tahun pertamanya bersama Satria Muda Britama, Rony berhasil meraih Juara IBL Cup setelah mengalahkan Aspac Putra Riau di final. Ia juga menyandang gelar MVP pada pertandingan tersebut. Musim berikutnya, Rony berhasil membawa klubnya kembali meraih gelar juara IBL. Rony juga terpilih untuk memperkuat tim nasional di SEA Games 2005, 2007, dan 2011 dimana pada ajang SEA Games 2007 timnas Indonesia berhasil merebut perak. Akan tetapi di laga SEA Games 2011 timnas basket Indonesia hanya mampu meraih posisi di semifinal. Rony juga memperkuat Indonesia di Kejuaraan Asia 2005 dan 2007.

Putra dari pasangan Yanto Gunawan dan Yuliati ini bersahabat baik dengan Wendha, Asun dan Galank, rekan sesama pemain basket di klub Satria Muda Britama.

  • 2004 IBL Championship, Sister City Championship, All Defensive Players
  • 2005 All Defensive Players
  • 2006 IBL Championship (MVP), IBL Tournament Championship
  • 2007 IBL Tournament and Championship, Sister City Championship, MVP, Silver Medal Sea Games
  • 2008 IBL Championship, SEABA Championship
  • 2009 IBL Champion
  • 2011 NBL Indonesia Champion, First Team Reguler Award

Baca juga :