Biodata Anthony Sinisuka Ginting

Profil Anthony Sinisuka Ginting

Anthony Sinisuka Ginting atau yang biasa dipanggil Anthony Ginting lahir di Cimahi, Jawa Barat, 20 Oktober 1996. Ia memiliki garis keturunan karo dari sang ayah. Ginting sangat mencintai olahraga bulu tangkis.

Bakatnya sudah terlihat sejak kecil, bahkan ketika masih duduk di Sekolah Dasar (SD) ia menjuarai kompetisi bulutangkis MILO School Competition nomor Tunggal Putera 2008. Anthony kembali menjadi juara pada ajang yang sama ketika masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada 2012.

SGS PLN Bandung adalah klub yang dibelanya dan karier profesionalnya dimulai pada tahun 2013. Permainannya semakin berkembang dengan seiring berjalannya waktu, dan pengalaman bertandingnya cukup banyak. Mulai dari kejuaraan nasional hingga internasional telah dia ikuti.

Salah satu prestasi terbaiknya ketika meraih medali perunggu untuk Indonesia pada kompetisi BWF World Junior Championship 2014. Ia juga pernah menjadi salah satu punggawa merah putih pada ajang Piala Thomas 2016.

Pengalamannya terus ditambah dengan mengikuti banyak kejuaraan bergengsi, mulai dari Indonesia Open, Korea Open, Japan Open, Australia Open, All England hingga Thomas Cup.

Salah satu kelebihan yang dimiliki Anthony Ginting adalah kecepatannya. Hal itu pernah menjadi perhatian pebulutangkis andalan China sekaligus juara dunia 2015, Chen Long. Chen Long pernah dikalahkan Anthony pada kejuaraan Australian Open Superseries pada babak perempatfinal. Menurutnya, Anthony memiliki pergerakan yang cepat.

Anthony menjadi salah satu dari tiga pemain Indonesia yang dikirimkan pada ajang Kejuaran Dunia Bulu Tangkis 2017 di Glasgow, Skotlandia. Ini adalah ajang perdana yang ia ikuti pada kejuaraan dunia. Sayangnya langkah Anthony Ginting terhenti pada babak ketiga Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2017.

Ginting menebus prestasi kelamnya pada ajang Korea Terbuka 2017. Ia menjuarai setelah mengalahkan Jonatan Christie dalam pertarungan rubber game, 13-21, 21-19 dan 20-22 di babak final. Ia pun mempersiapkan kembali untuk kejuaraan internasional lainnya.

PRESTASI

Juara MILO School Competition, SD, Tunggal Putera, 2008
Juara MILO School Competitionm, SMP, Tunggal Putera, 2012
Semifinalis Kejurnas, 2012
Juara Sirnas Surabaya, 2012
Juara Sirnas Bandung, 2012
Semifinalis World Junior Badminton Championship 2014
Meraih Medali Perunggu di Youth Olympic Games 2014
Juara Korea Terbuka, 2017

Dalam ajang Asian games 2018 Ginting mendapatkan banyak ppujian dikarenakan terus memaksakan tubuhnya yang cidera untuk terus menang.

Baca Juga :