Atlit Dayung Putra mempersembahkan Perak di Asian Games 2018

Hasil menggembirakan sekaligus membanggakan bagi Indonesia. Cabang olahraga dayung baru saja menyumbangkan dua medali bagi kontingen Merah Putih di Asian Games 2018. Indonesia kembali menambah pundi-pundi medali setelah Tim LM4 putra menyumbang medali perak. Tim LM4 putra yang diperkuat Ali Buton, Ferdiansyaj, Ihram, dan Ardi Isaidi berhasil meraih perak di kelas ringan empat putra.

Pada laga final yang berlangsung di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, empat atlet dayung Indonesia Ali Buton, Ferdiansyah, Ihram, dan Ardi Isadi finis di belakang tim China dengan catatan waktu 6 menit 31,08 detik.

China melalui Xiong Xiong, Lyu Fanpu, Zhao Chao, dan Zhou Xuewu berhasil merebut emas dengan catatan waktu 6 menit 28,07 detik. Sedangkan medali perunggu menjadi milik Uzbekistan dengan catatan waktu 6 menit 38,40 detik.

Timnas dayung Indonesia sendiri masih berpeluang besar menambah perolehan medali di ajang Asian Games 2018. Mengingat, kontingen Merah Putih masih menyisakan empat wakilnya yang akan memerebutkan medali emas pada pertandingan yang akan berlangsung Jumat, 24 Agustus 2018.

Sejauh ini cabang dayung baru menghasilkan dua medali. Dengan tambahan medali perak dan perunggu ini, total koleksi perolehan medali yang diraih Indonesia sampai dengan Kamis 23 Agustus 2018 pukul 12.39 Wita menjadi 19 medali (7 emas, 5 perak, dan 8 perunggu). Peringkat Indonesia dalam perolehan medali berada di posisi kelima di bawah Cina, Jepang, Korea, dan Iran.