Atlet Sepak Bola Cristian Gonzales

Atlet Sepak Bola Cristian Gonzales – Cristian Gerard Alfaro Gonzales merupakan pemain sepak bola Indonesia yang awalnya berwarga negara Uruguay dan sekarang telah masuk ke dalam warag negara Indonesia. Cristian Gonzales lahir di Montevideo, Uruguay, 30 Agustus 1976, sekarang ia bermain dengan tim sepak bola Indonesia. Dengan penampilannya yang luar biasa, Cristian Gonzales di naturalisasi menjadi warga negara untuk membela timnas Indonesia dalam pertandingan piala AFC.

Baca juga: Ganda Campuran Optimis Raih Target Di Jerman Open 2018

Karier Cristian Gonzales alias El Loco (si gila) sebagai striker di dunia pesepakbolaan Indonesia cukup diacungi jempol. Selama sepak terjangnya di tanah air, dari tahun 2003-2010, Cristian Gonzales telah 4 kali menyabet gelar pecetak gol terbanyak Liga Indonesia. Bahkan hanya dalam rentang waktu 3 tahun tinggal di Indonesia, Gonzales sudah menjadi pemain bola termahal dengan bayaran Rp1.2 Miliar.

Perkenalan Cristian Gonzales dengan dunia sepak bola, dimulai saat ia berusia 6 tahun. Semula ayahnya ingin Gonzales menjadi tentara, namun Cristian tetap memilih bola karena kegilaannya terhadap olaharga sepak ini.

Di tanah kelahirannya, pada usia 13 tahun, Gonzales masuk akademi sepak bola Penarol Uruguay selama 4 tahun. Di tengah menekuni sepak bola ini, pada tahun 1994, Gonzales bertemu dengan Perempuan asal Indonesia, Eva Nurida Siregar, di Chile. Saat itu Eva tengah kursus Salsa di Sekolah Vinadelmar. Selang setahun, menginjak usia 20 tahun, Gonzales resmi menikahi Eva. Mereka menikah usia muda.

Sebelum hijrah ke Indonesia, Gonzales bermain di beberapa klub. Setelah dari klub Pebarol Uruguay, ia bergabung pada tahun 1994 di Sud America, kemudian bergabung dengan Huracan de Carientes Argentina (1997), dan Deportivo Maldonado (2000-2002). Di klub ini, Gonzales ditempatkan sebagai gelandang serang, tak banyak gol yang diciptakannya.

Pada tahun 2002, Cristian menerima sebuah tawaran dari agen sepak bola untuk bermain di Indonesia. Kebetulan istrinya orang Indnesia, ia pun tak menyia-nyiakan dan menerima tawaran tersebut dengan merumput di Indonesia. Ia bergabung dengan klub PSM Makassar, Sulawesi Selatan, pada tahun 2003. Pada tahun ini, Gonzales telah memeluk agama Islam dan memiliki nama muslim Mustafa Habibi.

Bersama PSM Makassar, menginjak usia 27 tahun, Cristian Gonzales berhasil membawa klubnya ke posisi runner up Liga Indonesia dengan total 27 gol. Namun, kiprah Gonzales ini harus berakhir dengan skorsing selama satu musim dan denda sebesar 20 juta lantaran memukul salah satu petugas Persita Tangerang.