Atlet Paling Legendaris Di Indonesia

Atlet Legendaris Indonesia – Dunia olahraga Indonesia memanglah tak sebaik di negara yang berada di Eropa sana, meskipun demikian. Dulunya terdapat beberapa atlet yang berasal dari Indonesia yang telah membawa nama baik negara di kaca Internasional. Dengan begitu, kini Indonesia semakin di kenal oleh dunia yang memiliki para atlet yang hebat dan mantap untuk membela negara melalui cabang olahraga. Namun sekarang para atlet itu telah pensiun dan ada beberapa di antarnya yang masi membela negara dengan cara melatih anak muda bangsa agar mampu menjadi seperti mereka. Berikut atlet legendari dari Indonesia.

Baca juga:  

Idonesia Berhasil Kalahkan Malaysia 3-2 Saat Piala Uber 2018

Para Atlet Asian Games Indonesai Mendapatkan Asuransi Kesehatan Kelas Satu

Rudy Hartono (Atlet Bulu Tangkis)

Rudy Hartono (Atlet Bulu Tangkis)

Rudy Hartono sebagai legenda bulu tangkis Indonesia, bahkan dunia. Kiprahnya di dunia tepok bulu ini sangatlah luar biasa. Bahkan bisa dibilang tak ada yang menyamai prestasinya hingga saat ini. Di tangan Rudy Hartono, Indonesia mampu menyabet Piala Thomas empat kali berturut. Ia juga memenangkan All England—kejuaraan bulu tangkis paling prestisius Eropa—sebanyak 8 kali. Tujuh diantaranya dilakukannya secara berurutan sepanjang tahun. Berkat Rudy, Indonesia jadi dikenal sebagai raksasa bulu tangkis dunia meski sekarang prestasinya agak sedikit melorot terutama sektor putri.

Simson Rumah Pasal (Atlet Sepak Bola)

Simson Rumah Pasal (Atlet Sepak Bola)

Simson Rumah Pasal adalah salah satu atlet sepak bola legenda dari Indonesia. Ia adalah bek kanan unggulan yang membawa Indonesia ke kancah pertandingan dunia seperti Merdeka Games, Pra Olimpiade, King’s Cup, SEA Games, dan Pra Piala Dunia. Simson aktif di sepak bola Indonesia pada kurun waktu tahun 70-80-an. Setelah ia gantung sepatu dan memilih menjadi seorang pelatih.

Nama Simson mungkin tidak begitu terkenal saat ini. Namun apa yang ia lakukan sangatlah besar bagi negeri ini. Dari tahun 1986-2012 ia melatih sepak bola di 13 tempat yang berbeda. Apa yang dilakukan Simson adalah wujud dedikasinya dalam memajukan sepak bola yang ada di Indonesia. Meski saat ini, Indonesia masih terpuruk di olahraga yang disukai jutaan orang ini.

Elyas Pical (Atlet Tinju)

Elyas Pical (Atlet Tinju)

Dalam cabang olahraga tinju, Elyas Pical belum ada tandigannya di Indonesia. Ia adalah salah satu yang terhebat dari dunia meski pun Indonesia juga sudah memiliki Christ John. Di masa lalu, Elyas banyak sekali memenangkan pertandingan di kancah internasional. Bahkan ia sempat dijuluki sebagai The Exorcet karena memiliki pukulan yang sangat sangat hebat terutama pada hook dan uppercut ke kiri.

Prestasi paling membanggakan dari Elyas Pical adalah menjadi juara dunia IBF kelas Bantam Junior di tahun 1985. Ia satu-satunya orang dari Indonesia yang mampu menyabet penghargaan paling membanggakan di dunia ini. Dari 20 pertandingan, 11 kemenangannya didapat dengan membuat lawan KO dan tidak dapat melawan lagi.

Richard Sambera (Atlet Perenang)

Richard Sambera (Atlet Perenang)

Prestasi Indonesia di bidang olahraga renang bisa dibilang sangat minim. Bahkan untuk kancah regional seperti Asia Tenggara sekali pun masih keok jika dibandingkan dengan negara lain. Pencapaian terbaik dari Indonesia terjadi saat Richard Sambera masih aktif dan menjadi motor penyumbang medali terbanyak bagi negeri yang sudah haus akan prestasi.

Richard Sambera mungkin belum sehebat perenang lain yang menembus Olimpiade atau kejuaraan dunia. Namun ia sudah cukup hebat dengan menggondol banyak sekali medali di SEA Games 1991, 1995, 1997 dan paling terakhir di 2005. Prestasi yang dimiliki oleh Richard Sambera hingga saat ini. Renang bukanlah olahraga yang menjadi perhatian pemerintah atau bahkan masyarakat di Indonesia berbeda dengan sepak bola atau bulu tangkis.

Suryo Agung Wibowo (Atlet Pelari)

Suryo Agung Wibowo (Atlet Pelari)

Suryo Agung Wibowo dikenal sebagai manusia paling cepat di Asia Tenggara. Ia adalah pelari spesialis 100 meter kebanggaan Indonesia yang sangat melegenda. Catatan terbaik dari Suryo adalah 10,17 detik untuk jarak tempuh 100 meter. Hal ini membuat Suryo menjadi pemecah rekor di pertandingan lari SEA Games.